Menyingkap Pesona Wisata Air Terjun Sungai Enau Talang Buai

 


Terik matahari di musim kemarau awal September tahun 2023 ini, sungguh tajam menusuk kalbu pagi hari. Namun, tidak mematahkan semangat penulis, untuk berkunjung ke wisata Air Terjun Sungai Enau, yang berada di Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko Bengkulu. Wisata Air Terjun Sungai Enau yang masih alami dan asri itu cukup mempesona dan menakjubkan. Namun, sayangnya pesona objek wisata air terjun tersebut belum tersingkap.

Berbicara soal objek wisata dan potensi wisata di wilayah Kabupaten Mukomuko tiada habisnya. Secara geografis wilayah Kabupaten Mukomuko terletak di bagian Utara Provinsi Bengkulu. Kabupaten Mukomuko terdiri dari 15 Kecamatan 148 desa dan 3 Kelurahan. Salah satu Desa dan Kecamatan yang memiliki wisata air terjun, yaitu Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya. Keindahan pesona wisata air terjun sungai enau di Desa Talang Buai ini, belum banyak tersingkap oleh kalangan anak muda maupun wisatawan lokal. Padahal keindahan wisata air terjun sungai enau tersebut sangat menawan.

Bonus mengunjungi wisata air terjun itu, pengunjung bisa manjakan mata melihat pemandangan perbukitan nan hijau, yang sebagainnya sudah menjadi kebun kelapa sawit masyarakat desa setempat. Wisata air terjun sungai enau dengan ketinggian lebih kurang 25 meter tersebut terletak di bagian timur wilayah Desa Talang Buai. Untuk bisa sampai ke objek wisata air terjun tersebut, pengunjung harus menempuh perjalanan dari Desa Talang lebih kurang 4 Kilo Meter (Km). Akses menuju wisata air terjun itu rada menantang, dan membakar adrenalin. Musim kemarau seperti awal September tahun ini, akses ke air terjun tersebut bisa dilintasi kendaraan roda empat. Namun, kalau di musim hujan Jalannya sedikit menantang, dan akses Jalannya cocok untuk anak muda yang hobi ngetril, dan berpetualangan menghadapi tanjakan yang rada menantang. Di sepanjang Jalan menuju objek wisata air terjun itu, pengunjung melewat kebun kelapa sawit milik masyarakat desa setempat. Dan melewati beberapa anak sungai kecil yang sudah bisa dilalui kendaraan baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

Seperti apapun perjuangan di perjalanan menuju air terjun yang pesonanya masih tersembunyi itu. Semuanya akan terbayar dengan keindahan air terjun sungai enau yang memiliki suhu yang cukup dingin ini. Setiba di kawasan air terjun, pengunjung langsung disambut angin sepoy-sepoy hempasan dari air terjun itu. Kesejukan dan keindahan air terjun tersebut mulai dirasakan, dan mulai perlahan tersingkap. Pesona di kawasan air terjun itu masih sangat alami dan asri. Karena sekitar 50 meter di sekeliling air terjun ini, hutannya masih rindang dan bisa menyejukkan hati khusus bagi pengunjung yang sedang galau mungkin karena masalah pekerjaan maupun masalah hati ke hati (cinta). Di kawasan air terjun itu bisa menghadirkan suasana yang damai dan sejuk.

Di kawasan Air terjun tersebut, belum ada bangunan apapun. Baik itu tempat duduk, gazebo maupun jenis bangunan lainnya. Semua fasilitas di kawasan air terjun itu masih alami. Namun, pengunjung bisa duduk di atas bebatuan besar yang ada di kawasan air terjun itu, sambil menyantap cemilan dan bekal yang sudah disiapkan sebelum berangkat. Dari kawasan air terjun sungai enau ini, pengunjung juga bisa memanjakan mata, memandang perbukitan nan hijau sembari mendengar kicauan burung liar yang ada di kawasan tersebut.

Di samping itu, di sudut sebelah kanan air terjun sungai enau ini terdapat sebuah goa dengan kedalam lebih kurang sekitar 4 meter. Yang dahulunya disebut sebagain warga setempat goa harimau. Mitosnya, dahulu kala goa tersebut dihuni oleh seekor harimau. Namun, sekarang sudah pindah tempat. Dan goa tersebut sudah menjadi tempat persembunyian burung walet. Di seputaran air terjun dan goa itu pengunjung bisa menikmati angin segar, sambil mengabadikan momen foto berselfie ria dengan background hutan yang masih alami dan asri.

Keindahan dan pesona wisata air terjun sungai enau ini, belum tersingkap atau belum banyak dikenal para wisatawan. Padahal, keindahan wisata alam air terjun tersebut cukup menjanjikan. Bonusnya lagi, perjalanan dari Desa Sungai Jerinjing menuju ke Desa Talang Buai, sebelum memasuki lawasan permukiman warga desa talang buai, pengunjung sudah disambut dengan pemandangan yang cukup menakjubkan dari Puncak Indah. Dari bukit Puncak Indah ini, pengunjung bisa melepas penat sembari melepas pandangan. Melihat lahan persawahan yang terbentang begitu luas. Dan juga melihat perbukitan yang hijau dan sejuk dari kejauhan. Perbukitan itu merupakan bukit barisan batas wilayah Kecamatan Selagan Raya dengan Kabupaten Kerinci. Ayo tunggu apa lagi kalau ada waktu ayo berkunjung ke objek wisata Air Terjun Desa Talang Buai.



Penulis: Dedi Sumanto, S.Pd (PLD Kecamatan Sungai Rumbai)

Posting Komentar

0 Komentar